Laman

Minggu, 31 Oktober 2010

Pneumothoraks

Pneumotoraks adalah penimbunan udara atau gas di dalam rongga pleura.
Etiologi
Terdapat beberapa jenis pneumothoraks yang dikelompokkan berdasarkan penyebabnya:
1. Pneumothoraks spontan.
Terjadi tanpa penyebab yang jelas. Pneumothoraks spontan primer terjadi jika pada penderita tidak ditemukan penyakit paru-paru. Pneumothoraks ini diduga disebabkan oleh pecahnya kantong kecil berisi udara di dalam paru-paru yang disebut bleb atau bulla. Pneumothoraks spontan sekunder merupakan komplikasi dari penyakit paru-paru.
2. Pneumothoraks traumatic
Terjadi akibat cedera traumatic pada dada trauma ini bersifat menembus (luka tusuk, peluru) atau tumpul  (benturan pada kecelakaan kendaraan bermotor).
3. Pneumothoraks karena tekanan.
Terjadi jika paru-paru mendapatkan tekanan yang berlebihan sehingga paru-paru mengalami kolaps.

Gejala
Sangat bervariasi, tergantung kepada jumlah udara yang masuk ke dalam rongga pleura dan luasnya paru-paru yang mengalami kolaps. Gejala biasa berupa sesak napas, dada terasa sempit, mudah lelah, denyut jantung yang cepat, warna kulit menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen.

Pemeriksaan
1. Rontgen dada untuk menunjukkan adanya udara diluar paru-paru
2. Gas darah arteri

Pengobatan
Tujuan pengobatan adalah mengeluarkan udara dari rongga pleura sehingga paru-paru bisa kembali mengembang. Pada pneumothoraks yang kecil biasanya tidak perlu dilakukan pengobatan, karena tidak menyebabkan masalah paernapasan yang serius dan dalam beberapa hari udara akan diserap.
Penyerapan total dari pneumotoraks yang besar memerlukan waktu sekitar 2-4 minggu. Jika pneumotoraksnya sangat besar sehingga mengganggu pernapasan, maka dilakukan pemasangan sebuah selang kecil pada sela iga yang memungkinkan mengeluarkan udara dari rongga  pleura.
Untuk mencegah serangan ulang mungkin perlu diadakan pembedahan. Pembedahan sangat berbahaya jika dilakukan pada penderita pneumothoraks spontan dengan komplikasi atau penderita pneumothoraks berulang, oleh karena itu sering kali dilakukan penutupan rongga pleura dengan memasukkan doxycycline melalui selang yang digunakan untuk mengalirkan udara keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar